Memahami fungsi Aftercooler serta cara kerjanya

Aftercooler

Aftercooler dipasang setelah turbocharger pada engine  untuk menurunkan suhu udara yang akan memasuki ruang bakar. Ini menyebabkan kerapatan udara menjadi meningkat, sehingga jumlah udara menjadi lebih banyak dan effisiensi dan tenaga yang dihasilkan engine  meningkat. Beberapa pabrik engine  mengistilahkan aftercooler sebagai intercooler

Jacket water aftercooler

Berdasarkan media yang dipakai aftercooler di bagi menjadi 2 yaitu menggunakan media air dan udara. Terdapat tiga jenis system yang menggunakan aftercooler yang digunakan engine  Caterpillar. Semua jenis aftercooler berfungsi sama. Aftercooler akan menyerap panas dari udara sehingga udara menjadi lebih dingin dan kerapatan udaranya menjadi meningkat.

Air to air aftercooler

Untuk aplikasi engine  sekarang umumnya aftercooler dipasang pada bagian depan coolant radiator pada engine  .

Sistem jacket water aftercooler memiliki core assembly yang digunakan sebagai saluran coolant untuk mendinginkan udara.

Coolant yang digunakan adalah coolant yang sama yang digunakan untuk mendinginkan engine . Coolant ini digunakan untuk mendinginkan udara yang akan memasuki ruang bakar. Coolant dari water pump mengalir melalui aftercooler core. Udara bertekanan dari turbocharger di dinginkan oleh aftercooler ini sebelum memasuki intake manifold.

Sistem aftercooler rangkaian terpisah (separate circuit aftercooler) mirip dengan sistem jacket water aftercooler dengan beberapa perbedaan yang kecil. Rangkaian pendingin udara terpisah dari sistem pendingin yang digunakan untuk mendinginkan engine  (jacket water). Jacket water bekerja untuk mendinginkan engine  head, engine  block, oli transmissi dan lain-lain.

Sistem separate circuit aftercooler memiliki pompa, saluran air dan pemindah panas tersendiri. Sistem ini umumnya digunakan pada aplikasi dimana proses pendinginan udara yang maksimum diperlukan. Beberapa aplikasi marine menggunakan sistem ini dengan pemindah panas (panas exchanger) yang dirancang untuk menggunakan air laut untuk sirkuit pendingin. Pada truck besar yang digunakan pada pertambangan juga menggunakan aftercooler jenis ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: