Beginilah cara untuk melepas dan memasang bearing yang benar

Jika bearing dipasang kencang pada shaft dan dalam housing, gaya yang diberikan harus benar saat pelepasan. Gaya harus selalu terletak pada bagian dalam bearing saat melepaskannya dari shaft, atau pada bagian luar saat melepaskannya dari housing.

Aturan yang harus diikuti adalah gaya tidak boleh diaplikasikan melalui ball atau roller pada bearing. Hal ini akan menyebabkan bearing rusak dan tidak dapat dipakai.

penggunaan bearing puller
Penggunaan puller pada bearing

Banyak pabrik pembuat merekomendasikan tool khusus untuk melepaskan dan mengganti bearing dan harus digunakan jika tersedia. Gambar di atas menunjukkan puller khusus yang digunakan untuk melepaskan tapered roller bearing dari differential carrier. Puller ini dirancang tepat berada di belakang bearing cone, bukan di belakang retainer dan roller.

Universal puller kit juga terdiri dari banyak fitting dan adaptor untuk menyesuaikan berbagai pekerjaan. Arbour press atau press hidrolik, diperlukan untuk pelepasan dan penggantian bearing dalam berbagai situasi. Berikut adalah informasi umum mengenai pelepasan dan penggantian bearing.

Penggunaan Peralatan Tekan (Press)

Menekan bearing dari shaft
Menekan bearing dari shaft

Saat menggunakan hydraulic press untuk melepas bearing dari shaft, tempatkan penyangga hanya dibawah inner race bearing. Naikkan tekanan pada shaft hingga bearing dan shaft terpisah. Yakinkan shaft segaris dengan press guna meyakinkan shaft tidak terlempar karena misalignment.

Penggunaan Pipa atau Tube

Bearing dapat dilepas dari shaft menggunakan sepotong pipa dengan ukuran yang pas dengan shaft dan inner race seperti terlihat pada gambar di atas. Press harus dipergunakan untuk mengganti bearing, namun jika dibutuhkan, dapat juga dipergunakan hammer. Sebelum menekan atau memukul bearing yakinkan kesesumbuan dan tidak miring.

Penggunaan Hammer dan Drift

Sebuah drift baja lunak (atau punch) dan hammer sering digunakan untuk mengetuk bearing keluar dari housing. Punch yang terbuat dari baja keras tidaklah cocok dan kuningan tidak direkomendasikan karena akan membuat serpihan-serpihan yang dapat tinggal di dalam bearing.

Ketika memasang bearing pada shaft menggunakan metode ini, dengarkan perubahan suara saat bearing sudah terpasang dengan tepat pada shaft atau housing. Memukul secara berlebihan saat bearing sudah terpasang dengan baik dapat merusakkan inner race. Berhati- hatilah jangan sampai merusak bearing race saat memasang menggunakan drift.

Mounting Compound

Bearing mounting compound digunakan untuk mencegah setiap gerakan yang tidak diinginkan antara bearing dan shaft dan harus dipergunakan saat memasang sebuah bearing.

Bearing compound memungkinkan bearing tetap pada tempatnya dan masih memungkinkan dibuka menggunakan bearing removal tool.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: