BERBAGAI MACAM KERUSAKAN INJECTOR/NOZZLE

VOP Di Bawah Spesifikasi

  • Konsumsi fuel yang tinggi
  • Horsepower meningkat
  • Asap putih saat start-up

Nozzle dengan valve opening pressure jauh di bawah spesifikasi akan menginjeksikan fuel yang berlebihan ke dalam ruang bakar.

Hal ini berarti engine akan mengkonsumsi terlalu banyak fuel dan horsepower yang lebih tinggi akan terjadi di engine pre-combustion chamber. Engine direct injection akan menunjukkan sedikit peningkatan horsepower dan juga dapat menghasilkan asap putih saat start-up.

Penting untuk diingat bahwa VOP yang rendah biasanya tidak mempengaruhi kehalusan kerja engine hingga VOP turun di bawah 70% spesifikasi minimum. Banyak engine akan tetap jalan dengan halus dengan VOP nozzle yang sedikit rendah. Di bawah titik itu, performa engine akan buruk dan dapat menyebabkan kerusakan.

Valve Stuck Open

  • Engine misfiring
  • Piston seizure
  • Masuknya fuel di crankcase
  • Gas pembakaran di sistem fuel

Nozzle dengan check valve yang stuck open akan menyebabkan engine misfiring dan pada akhirnya dapat menyebabkan piston seizure atau masuknya fuel ke crankcase. Juga dapat menyebabkan gas pembakaran memasuki sistem fuel, khususnya pada nozzle direct injection.

Material asing dapat menyebabkan valve untuk stick open. Karena alasan ini, jangan membilas nozzle sebelum menguji VOP, karena pembilasan dapat mengeluarkan debris sementara dan pengujian yang berikutnya akan menunjukkan seolah nozzle dalam kondisi baik. Jika beberapa nozzle ditemukan dengan debris di dalamnya, periksa terhadap penggunaan fuel kotor atau sistem fuel yang terkontaminasi.

Kebocoran Tip Yang Berlebihan

  • Misfiring pada kecepatan rendah
  • Tingkat emisi yang tinggi

Kebocoran tip yang berlebihan memungkinkan fuel untuk masuk ke cylinder setelah injeksi, menyebabkan misfiring pada kecepatan rendah dan tingkat emisi yang tinggi. Pada kasus-kasus berat, misfiring dapat terjadi pada kecepatan tinggi dan gas pembakaran dapat memasuki nozzle.

Return leakage Yang Tidak Cukup

  • Gerak check yang terhambat
  • Engine misfiring

Return leakage yang tidak cukup di nozzle direct injection berarti part nozzle bagian dalam tidak dilumasi dengan benar. Hal ini dapat menghambat gerak check dan hasilnya engine berjalan dengan erratic dan misfire.

Orifice Yang Tersumbat

  • Tenaga rendah
  • Konsumsi fuel meningkat
  • Asap putih pada start-up

Orifice yang tersumbat menghasilkan distribusi fuel yang tidak tepat, yang dapat menyebabkan engine berjalan dengan kasar dan tenaga rendah. Hal ini biasanya berarti meningkatnya konsumsi fuel, dan asap putih yang berlebihan dapat terlihat saat start-up. Contaminant di fuel, atau material dari sistem fuel yang aus dapat menyumbat atau memperburuk kondisi orifice.

Penggunaan yang berkelanjutan dari fuel yang terkontaminasi dapat juga menghasilkan keausan abrasive pada orifice yang dapat memperbesar dan menyebabkan aliran fuel yang berlebihan, asap yang berlebihan, dan tenaga yang terlalu besar. Ini adalah hal penting yang perlu diingat tentang orifice yang rusak.

Gambar 5.51 Orifice
Gambar 5.51 Orifice

Nozzle yang disikat dengan kawat baja menyebabkan low power, tetapi tidak akan mempengaruhi hasil pada tester. Hal ini karena part bagian dalam yang mengatur valve opening pressure, return leakage dan kebocoran tip, tidak akan rusak dan akan tetap bekerja dengan baik walaupun fuel yang cukup tidak mengalir melalui orifice yang rusak.

Tabel 4 dirancang untuk membantu mengatasi masalah sistem fuel. Tabel ini mendaftar bermacam kerusakan nozzle dan hasil yang disebabkan pada engine. Tetapi tidak berarti secara luas, hanya sebagai pedoman. Tabel ini akan membimbing dalam menentukan jika masalah di sistem fuel adalah merupakan hasil dari nozzle yang bermasalah.

Tabel 4 – Tabel Troubleshooting Sistem Fuel
Tabel 4 – Tabel Troubleshooting Sistem Fuel

Tabel 5 adalah pedoman troubleshooting yang dirancang untuk membantu troubleshooting fuel nozzle Caterpillar-7000 series.

Tabel 5 – Pedoman Troubleshooting (Hanya) untuk Fuel Nozzle 7000 Series Caterpillar
Tabel 5 – Pedoman Troubleshooting (Hanya) untuk Fuel Nozzle 7000 Series Caterpillar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: