CONNECTING ROD SERVICE

Connecting rod berguna untuk satu ton tekanan selama operasi engine. Karena itu mereka dapat aus, bengkok atau bahkan patah. Piston yang tua dan bearing insert akan menandakan kondisi dari connecting rod. Jika ditemukan aus yang tidak normal pada piston atau bearing, mungkin ada masalah dengan connecting rodnya!                                       

Misalnya jika satu sisi bearing aus, connecting rod bisa bengkok. Jika bagian belakang bearing insert ada goresan/bertanda, mungkin connecting rod big end berubah bentuknya, membuat insert berpindah ke bagian dalam connecting rod.

Connecting rod small dan service

Ukur connecting rod small end dengan telescoping gauge dan micrometer. JIka aus diluar spesifikasi, bawalah ke bengkel dan ganti connecting rod bushing-nya. Pin harus DIPASANG (lebarkan bushing untuk jarak yang tepat) dalam rod.

Connecting rod big end service

Untuk memeriksa masalah pada connecting rod big end, lepas bearing insert dan bautkan connecting rod cap ke connecting rod. Putar sesuai spesifikasi. Kemudian ukur diameter lubang connecting rod pada kedua tepi dan kedua arah.

Perbedaan yang ada pada tepi diameter (sisi ke sisi) sama dengan connecting rod big end taper. Perbedaan pada diameter silang sama dengan connecting rod big end taper. Perbedaan pada diameter silang sama dengan connecting rod big end yang tidak bulat. Jika taper / runcing atau tidak bundar melebihi spesifikasi, bawa ke bengkel dan bentuk kembali connecting rod atau beli yang baru.

Memeriksa kelurusan connecting rod

Untuk menentukan apakah connecting rod bengkok, alat pelurus connecting rod khusus diperlukan. Ini untuk memeriksa apakah connecting rod small end dan big end benar-benar sejajar. Use the operating instruc­tions provided with the particular fixture.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: