Mengenal FUNGSI DAN CARA KERJA GOVERNOR MEKANIKAL

Governor mekanikal

Governor mekanikal adalah tipe yang paling sederhana di antara sekian banyak tipe governor. Selain governor mekanikal, engine Caterpillar menggunakan governor servo-mekanikal, governor hidrolik, governor elektronik.

PERINGATAN: Jangan pernah mengoperasikan engine tanpa governor yang mengaturnya.

Jika fuel rack engine diesel berada pada posisi “ON” penuh tanpa beban, dan tanpa governor terpasang, kecepatan engine dapat naik dan melebihi batas aman operasi sebelum dapat dimatikan. Engine dapat rusak parah akibat overspeed. Peringatan ini “jangan pernah mengoperasikan engine diesel tanpa governor yang mengaturnya” menyangkut dengan salah satu fungsi governor: mencegah engine overspeed. Governor juga menjaga engine tetap pada kecepatan yang diinginkan dan menaikkan atau menurunkan tenaga engine agar cocok dengan perubahan beban.

Mekanisme pengukuran kecepatan dan perubahan fuel

Governor mekanikal engine diesel terdiri atas dua mekanisme dasar: mekanisme pengukuran kecepatan dan mekanisme perubahan bahan bakar . Mekanisme pengukuran kecepatan memiliki beberapa komponen bergerak dan mengukur kecepatan engine. Flyweight dan poros ball arm berbentuk “L” terpasang di penggerak governor. Saat engine berputar, flyweight akan ikut berputar.

Gaya Sentrifugal pada governor

Seiring berputarnya flyweight, gaya sentrifugal akan mendorong ke arah luar. Flyweight mengembang dan ball arm bergerak naik. Jumlah gaya dorong keluar tergantung pada kecepatan putaran. Gaya sentrifugal adalah prinsip dasar operasi dari mekanisme pengukuran kecepatan. Gaya sentrifugal perlu diatur, sehingga digunakan spring governor. Spring bertindak melawan gaya perputaran flyweight dan cenderung melawan flyweight. Gaya yang mendesak spring tergantung pada setting pengaturan governor.

gaya pada spring vs gaya sentrifugal flyweight

Sebuah tuas yang dihubungkan ke governor control mendorong atau menekan spring. Gaya spring melawan flyweight untuk mencocokkan setting kecepatan engine yang diinginkan.

Governor control, ditunjukkan di sini sebagai sebuah knob push-pull sederhana, dapat diatur menggunakan tangan atau dioperasikan dengan pedal akselarator kaki. Sepanjang gaya spring sama dengan gaya sentrifugal flyweight, kecepatan engine akan tetap konstan.

Mekanisme perubahan fuel

Mekanisme perubahan bahan bakar menghubungkan mekanisme perubahan kecepatan dengan fuel injection pump untuk mengatur kecepatan engine.

Saat beban engine meningkat, seperti saat sebuah truk mulai menaiki bukit, kecepatan menurun. Gaya flyweight menurun, dan spring menggerakkan linkage dan rack untuk menambah bahan bakar ke engine. Posisi penambahan bahan bakar dipertahankan hingga kecepatan engine kembali ke setting yang diinginkan, dan gaya flyweight kembali menyeimbangkan gaya spring.

Low idle dan High idle

Dua buah adjusting screw membatasi pergerakan governor control lever antara posisi LOW IDLE dan posisi HIGH IDLE. Stop low idle dan stop high idle sederhananya adalah setting minimum dan maksimum rpm engine tanpa beban pada engine .

Saat engine dioperasikan dengan governor pada high idle (1) dan mengambil beban, kecepatan menurun, gaya sentrifugal flyweight berkurang dan spring menggerakkan rack untuk menambah bahan bakar dan meningkatkan tenaga. Collar (2) dan stop bar (3) membatasi jarak spring dapat menggerakkan rack. Saat collar menyentuh stop bar, posisi beban penuh (full load) tercapai . Hal ini membatasi bahan bakar yang dikirmkan ke engine sehingga tidak melebihi batas rancangan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: