Jenis- Jenis Masalah Sistem Pendingin

Kehilangan refrigerant

Kehilangan refrigerant akan terlihat jelas selama pengujian karena temperature udara dari evaporator tidak akan sedingin yang semestinya khususnya ketika hari panas. Jika manifold gauges di connect, tekanan pada high side dan low side akan lebih rendah dari yang diharapkan. Setelah dilakukan inspeksi yang baik pada semua hose, fitting, dan komponen, teknisi yang kompeten dapat menemukan kebocoran akibat tanda-tanda kebocoran oli. Gejalanya tidak dingin ataupun kurang dingin, compressor tidak engage atau sangat sering ditemukan sirkulasi keluar dan masuk dari system atau suara desis datang dari evaporator housing. Maka System harus di recovery, dites dan diperbaiki sesuai prosedur.

Sistem buntu atau terhambat

Jika kebuntuan terjadi, tekanan pada sisi high umumnya akan lebih tinggi dari biasanya dank arena keterbatasan cairan refrigerant ke evaporator, system akan mengalami kemampuan pendinginan yang renda. Sumbatan umumnya di satu atau dua tempat ;

  • Receiver drier – disebabkan karena desiccant lepas dan bersirkulasi dengan system
  • TX valve / H block valve/orifice tube– disebabkan oleh sisa valve tertutup sepenuhnya atau sebagian atau buntu penuh.

Ketika kebuntuan atau hambatan terjadi, manifold gauge dapat pula mengindikasikan hasil lebih rendah dari normal pressure. Untuk penjelasan lebih detail pada pembacaan gauges, gejala gejala dan langkah langkah perbaikan dapat di lihat di buku atau service manual.

Condenser core/fin tersumbat

Condenser yang tersumbat akan segera menyebabkan tekanan tinggi yang berlebihan pada bagian high side karena liquid yang panas dari compressor tidak dingin dan tidak mau dingin dan tidak akan mengubah keadaan.

Untuk memperbaiki masalah ini, gampang saja yaitu dengan mencuci core/fins pressure namun hati-hati jangan merusak dengan air bertekanan yang terlalu tinggi.

Evaporator core/fin tersumbat.

Evaporator yang tersumbat umumnya akan pula menyebabkan tekanan yang tinggi dan membatasi aliran udara dari ventilasi (vent) sehingga mudah didiagnosa. Ini umum terjadi pada kondisi berdebu dan pada kendaraan lama dimana kabin tidak memiliki seal dengan baik dan membuat debu masuk atau jika operator mengemudi dengan jendela atau pintu terbuka.

Untuk memperbaiki masalah ini, evaporator assembly harus dibuka dan kadang bahkan mengalami degas (melepaskan gas) dan dilepas tergantung pada kendaraan agar evaporator core mudah dicuci secara menyeluruh.

Faulty compressor (kerusakan compressor)

Kerusakan compressor dapat menyebabkan gauge mengindikasikan pressure yang lebih tinggi dari normalnya pada sisi low dan lebih rendah dari pembacaan normal pada sisi high nya. Hal ini disebabkan kerusakan mekanis dan menimbulkan suara berisik atau jarum-nya bergetar setiap kali revolusi compressor jika valve rusak pada satu atau lebih silinder.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: