Kondisi Pengoperasian Diesel Engine

Umumnya engine beroperasi dengan beban. Governor akan menentukan apakahRPM engine sesuai dengan beban yang ada dan mengontrol system yang memberikan fuel lebih atau kurang untuk menyediakan RPM yang sesuai yang dibutuhkan. Mekanisme timing advance yang didesain secara efisien akan merasakan kenaikan atau penurunan RPM dan mengubah siklus penginjeksian fuel untuk memulai burn Window pada derajat yang tepat sesuai putaran crankshaft.

Berbagai kondisi diesel engine akan dibahas dan diterangkan dengan kurva horsepower.

Kecepatan Low idle

Kecepatan Low Idle
Kecepatan Low Idle

Low IDLE adalah RPM engine terendah tanpa beban. Fuel Injection Pump diatur sedemikian rupa sehingga sedikit mungkin yang diinjeksikan ke ruang bakar

Kecepatan High Idle

Kecepatan High idle

High Idle adalah kecepatan Engine maksimum tanpa beban.

Kecepatan rated (full load)

Kecepatan Rated

Semua Engine diesel diberikan rating yang disebut full load pada kecepatan rated yang merupakan RPMengine yang menunjukkan engine beroperasi dengan beban penuh, dan flyweight dan spring governor pada posisi stabil untuk menghasilkan RPM yang konstan.

Overspeed (Overrun)

Overspeed

Kadang-kadang engine dapat beroperasi melebihi kecepatan high idle. Governor pada FIP telah mencoba untuk menghentikan suplay fuel,tetapi kecepatan engine dapat melebihi kecepatanhigh idle karena atau ketika dikendalikan oleh momentum beratnya kendaraan dari rangkaian drive train. Inilah yang disebut overspeed dan keadaan ini dapat menyebabkan kerusakan parah pada engine.Overspeed secara normal Dapat dikontrololeh operator kendaraan.

Lug (Overload)

Kondisi Lug

Engine Diesel didesain dapat dibebanimelewati kondisi beban penuh. Governor atau nECM memberikan fuel maksimum,Karen abeban yang cukup besar sehingga menyebabkan RPM engine turun dan disebut kondisi operasi lug. Dalam keadaan demikian Governoor tidak mampu menyesuaikan kebutuhan horsepower karena tidak tersedia lagi bahan bakar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: