MEMAHAMAI PRINSIP KERJA MOTOR STARTER

PRINSIP KERJA KEMAGNETAN

Prinsip starter motor

Sebelum mempelajari prinsip dasar starter motor beberapa prinsip dasar magnet perlu diulas kembali. Prinsip-prinsip ini antara lain adalah:

  • Kutub yang sama tolak menolak, kutub yang berbeda tarik menarik.
  • Garis-garis fluks magnet merupakan garis berlanjut yang menghasilkan gaya magnet.
  • Konduktor penghantar arus memiliki medan magnet yang mengelilingi konduktor tersebut dalam arah yang ditentukan oleh aliran arus.

Jika sebuah konduktor dialiri arus yang terus menerus, maka akan terbentuk medan magnet. Sebuah magnet permanen memiliki medan pada kedua kutubnya. Pada saat konduktor yang menghantarkan arus diletakkan dalam medan magnet permanen, maka akan timbul gaya yang dihasilkan pada konduktor karena medan magnet tersebut. Jika konduktor terbentuk dalam sebuah lilitan dan ditempatkan dalam medan magnet, maka Hasilnya adalah sama. Karena aliran arus berada dalam arah yang berlawanan dengan koil, salah satu akan terdorong ke atas dan sisi lainnya terdorong ke bawah. Hal ini akan membuat efek rotasi atau torsi pada koil.

POLE PIECE

Pole pieces

Pole Piece dapat ditunjukkan sebagai ujung sebuah magnet. Jarak antara kutub inilah yang merupakan medan magnet.

FIELD WINDING (KUMPARAN MEDAN)

Kumparan medan

Jika sebuah kawat, yang disebut field winding, dililitkan di antara Pole Piece dan dialiri arus, kekuatan medan magnet di antara kedua kutub akan tercipta

ARMATUR SEDERHANA

Saat arus mengalir pada konduktor

Jika sebuah arus dialirkan dari sumber baterai ke sebuah lilitan maka akan terbentuk medan magnet disekeliling kawat.

Armatur sederhana

Jika suatu lilitan kawat diletakkan pada medan magnet di antara dua kutub (pole piece) dan dialiri arus, maka akan terbentuk sebuah armature sederhana. Medan magnet di sekitar lilitan dan medan magnet antara kutub akan tolak menolak, yang menyebabkan lilitan tersebut berputar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: