MEMASANG RING PISTON

Setelah silinder, piston dan connecting rod diperiksa maka anda telah siap untuk memasang piston ring yang baru ke piston.

Memasang oil ring

Sebelum memasang ring kompresi, pasang ring oli ke dalam ulir bawahnya. Lilitkan expander-spacer disekitar ulir dan BUTT ujungnya bersama. Pilin rail / bar bawah dekat bagian bawah expander-spacer. Lihat gambar 10-14.

Kemudian pilin dalam bagian atas rail ring oil. Periksa dua kali apakah expander-spacer TIDAK tumpang tindih. Ujung-ujungnya harus BUTT bersama. Pastikan oil ring assembly akan berputar pada piston. Akan ada tarikan kecil saat oil ring berputar. Satu celah ring harus hamper sejajar dengan ujung piston pin. Celah lain harus di ujung sebaliknya pada piston pin.

Memasang ring kompresi / compression rings

Perhatikan instruksi mengenai pemasangan ring piston yang baru. Biasanya ada petunjuk mengenai pemasangan ring yang tepat. Biasanya ring kompresi ada diatas dan di bawah. Jika bagian atas dipasang ke bawah akan terjati kerusakan atau kebocoran pada ring.

Tanda-tanda piston ring biasanya ada untuk menunjukkan bagaimana cara memasang ring kompresi. Misalnya lihat pada gambar 10-15. Tanda-tanda menunjukkan bagian atas tiap piston ring dan dimana piston ring masuk ke ulir ring piston atas atau ulir yang kedua.

PERHATIAN! Ring kompresi, tidak seperti oil rings (ring oil), ia terbuat dari cast atau cetakan besin yang sangat rapuh. Akan RUSAK DENGAN MUDAH jika terlalu diperlebar atau terlalu dipelintir.

Gunakan piston ring expander (alat khusus untuk melebarkan dan memasang ring), masukkan ring kompresi kedalam ulirnya. Lihat gambar 10-16. Jika piston ring expander tidak ada, gunakan jari anda untuk memasang / memutarkan ring kompres ke piston.

Piston ring gap spacing

Specific piston ring gap spacing biasanya disarankan untuk mengurangi blowby dan keausan ring. Gambar 10-17, menampilkan sebuah metode tersebut.

Perhatikan bahwa tiap celah langsung berlawanan dengan yang selanjutnya. Celah atau gap juga sejajar dengan lubang piston pin. Ini memberi jarak maksimum antara tiap gap untuk kebocoran tekanan yang minimum. Dekat dengan lubang piston pin akan mengurangi keausan ring karena celah piston ring bukan bukan pada sebagian besar permukaan thrust.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: