MEMERIKSA DAN MENGUKUR OIL PUMP

Periksa permukaan gear pump dan gigi samping gear terhadap kerusakan. Jika terjadi kerusakan yang berlebihan gear set harus diganti. Ukur keausan bushing dan shaft. Jika clearance-nya lebih dari 0,003 in. (0,076 mm), bushing dan/atau shaft harus diganti. Periksa pump cover dan sisi-sisi gear housing terhadap keausan dan kerusakan lain.

Cara lain untuk memeriksa besarnya keausan adalah dengan mengukur clearance antara pump body dan gigi-gigi gear dengan menempatkan gear di dalam pump body dan menggunakan feeler gauge untuk mengukur keausan dan sisi bertekanan rendah. Saat clearance radial melebihi 0,004 in. (0,101 mm), pump body harus diganti. Pump body dan cover harus benar-benar halus tanpa goresan, luka, atau bagian-bagian kasar. Ukur tinggi gear dengan micrometer dan, dengan depth micrometer, ukur kedalaman body untuk menentukan clearance gear.

Cara lain untuk memeriksa clearance adalah dengan plastic strip (plastigage).

Melakukan Service dan Merangkai Oil Pump

Hilangkan nick dan burr dari gear, cover plate, shaft, keyway, dan spline. Jika bushing perlu diganti, lakukan dengan bushing remover adapter. Tekan keluar bushing lama dan masukkan yang baru, ke kedalaman sesuai dengan service manual. Kebanyakan service manual juga menyarankan men-team bushing.

Periksa clearance bushing-ke-shaft dari shaft baru. Setelah membersihkan oil screen, periksa kerusakan dari screen wire sebelum memasang kembali ke oil pump.

Bersihkan dan polish bore relief valve dan plunger. Ukur ketinggian spring relief valve dan, jika dibawah spesifikasi, ganti dengan yang bgaru. Jangan merenggangkan spring.

Lumasi semua bagian dan komponen dengan oli engine dan rangkai ulang dengan urutan kebalikan dari pembongkaran.

Jika menggunakan gear baru, periksa backlash-nya dengan feeler gauge. Pastikan plunger relief valve tidak akan sangkut dan oil pump yang telah terangkai dapat berputar dengan bebas tanpa tersangkut. Jangan memaksa drive gear masuk ke drive shaft. Drive gear harus dipanaskan terlebih dahulu sebelum dipasang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: