MENGENAL JENIS dan FUNGSI TANGKI HIDROLIK

Tangki Hidrolik

Sewaktu mesin dan perlengkapan dalam tahapan desain, banyak hal yang dipertimbangkan seperti; ukuran dan lokasi tangki oli hidrolik . Saat mesin atau perlengkapan beroperasi, tangki hidrolik berfungsi sebagai :

Tempat penampungan oli hidrolik.

  1. Alat untuk membuang panas dari oli.
  2. Alat pemisah dan membuang udara dari oli.
  3. Memungkinkan partikel kotoran mengendap dari oli

Fungsi utama tangki oli hidrolik adalah untuk menyimpan oli dan menjamin oli tersedia dengan sebagai syarat sistem dapat bekerja dengan baik.

Tangki harus mempunyai cukup kekuatan, kapasitas yang memadai dan menjaga masuknya kotoran.

Tangki diletakkan di lokasi yang mudah dijangkau, kadang-kadang langsung terdapat pada rumahan komponen utama (major component housing).

Komponen tangki terdiri dari :
• Tutup pengisian (Fill cap).
• Gelas takar (Sight glass).
• Breather.
• Saluran suply dan kembali (Suplay & Return Line).
• Saluran pembuangan (Drain line)

Penutup / Fill Cap

Tutup pengisian (fill cap) menjaga masuknya menjaga kotoran melalui lubang pengisian yang digunakan untuk mengisi dan menambah oli ke tangki, juga sebagai penyekat tangki yang bertekanan.

Sight Glass

Kaca penakar (sight glass) digunakan untuk memeriksa ketinggian oli dengan mengacu pada manual operation and maintenance. Ketinggian oli umumnya berada pada posisi yang sesuai ketika terlihat berada ditengah-tengah sight glass. Oli level harus diperiksa ketika oli dingin. Mengaculah pada spesifikasi pabrik untuk memperoleh informasi tentang prosedur pembacaan ketinggian oli yang benar.

Lubang udara / Breather

Lubang udara ini dipasang pada tangki tidak bertekanan dan memungkinkan pressure atmosfir dapat keluar masuk tangki.

Drain Lines

Letaknya pada bagian bawah tangki, lubang drain ini berfungsi untuk mengeluarkan oli lama dari dalam tangki. Lubang drain ini juga berfungsi untuk menyingkirkan air dan endapan kotoran dari dasar tangki.

Kadang plug drain mengandung magnet yang kuat untuk menangkap partikel pada dasar tangki.

Supply & Return Lines

Supply line memungkinkan oli mengalir dari tangki menuju sistem. Return line memungkinkan oli mengalir dari dari sistem menuju tangki.

Pressurized Tank

Pressurized tank itu tertutup sama sekali. Atmospheric pressure (tekanan udara luar) tidak akan mempengaruhi pressure yang ada di dalam tangki. Sebagaimana oli mengalir melalui sebuah system, oli akan menyerap panas dan mengembang. Oli yang mengembang ini akan menekan udara yang ada di dalam tangki. Udara yang tertekan ini akan mendorong oli keluar dari tangki dan menuju ke sistem.

Pressurised tank mencegah masuknya kotoran dan uap air disamping membantu mendorong oli mengalir menuju pompa hidrolik. Terdapat juga sistem dimana tekanan udara di tangki diperoleh dari sistem udara bertekanan mesin, namun sistem seperti ini jarang digunakan.

Jangan langsung membuka tutup tangki ketika sedang bertekanan. Tangki bertekanan mengalami pengembangan volume oli yang disebabkan oleh panas dan oleh karena itu terjadi tekanan pada permukaan oli.

Pressure relief valve mengontrol tekanan didalam tangki dan vacum valve mencegah terjadinya tekanan negatif dalam tangki ketika sistem dingin.

Vacuum (Relief Valve)

Vacuum/relief valve mempunyai dua kegunaan yaitu :

  1. Mencegah kevakuman
  2. Membatasi tekanan maksimum didalam tangki.

Vacuum relief valve mencegah kevakuman saat membuka dan memungkinkan udara masuk menuju tangki ketika tekanan didalam tangki turun menjadi 3.45 kPa (0.5 psi). Ketika pessure di dalam tangki mencapai tekanan settingan vacuum relief valve, valve membuka dan membuang udara bertekanan ke atmosfir. Settingan tekanan vacuum relief valve berkisar dari 70 kPa (10 psi) sampai 207 kPa (30 psi).

Saringan Pengisian (Filler Screen)

Mencegah kotoran dengan ukuran besar masuk kedalam tangki.

Tabung Pengisian (Filler Tube)

Memungkinkan tangki terisi hingga ketinggian yang tepat dan tidak kelebihan.

Baffle

Mencegah return oli mengalir langsung ke bagian tank outlet, memberikan kesempatan kepada bubble (gelembung-gelembung udara) yang ada di return oil untuk naik ke atas. Juga mencegah oli teraduk yang juga membantu mencegah oli dari pembentukan buih.

Ecology Drain

Digunakan untuk mencegah oli tercecer pada saat membuang air dan endapan-endapan dari tangki.

Line kembali (Return Line)

Mengalirkan oli dari sirkuit hidrolik kembali ke tangki.

Saringan kembali (Return screen)

Mencegah partikel yang lebih besar masuk ke tangki, tetapi tidak bisa menyaring partikel yang halus.

Pump Pick-up Line

Pump pick-up line mengarahkan oli menuju sisi pemasukan pompa. Saluran ini normalnya tidak menyentuh bagian dasar tangki. Hal ini akan mencegah endapan yang berada dibawah tangki masuk ke pompa.

Vented Tank

Vented tank

Vented tank merupakan tipe tangki yang umum. Memiliki breather yang memungkinkan udara masuk dan keluar dengan bebas sehingga tekanan didalam system hanya tekanan atmosfir. Elemen penyaring udara atau screen biasanya terpasang pada tangki untuk mengurangi masuknya debu dari udara luar.

SIMBOL GRAFIK – TANGKI HIDROLIK

Simbol vented reservoir ditunjukkan disebelah kiri dan dilambangkan dengan kotak yang terbuka bagian atasnya. Pressurised reservoir digambarkan dengan kotak yang tertutup penuh. Return line dapat digambarkan di atas atau di bawah ketinggian fluida. Simbol reservoir merupakan sebuah simbol yang dapat digambarkan sebanyak mungkin sesuai kebutuhan pada skematik sirkuit untuk mengurangi jumlah garis yang harus digambarkan. Meskipun simbol digambarkan berulang-ulang, namun hanya menunjukkan tangki yang sama kecuali ada keterangan spesifik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: