MENGIDENTIFIKASI PENYEBAB KEGAGALAN TURBOCHARGER

Turbocharger gagal dalam bermacam cara yang berbeda dan untuk banyak alasan yang berbeda. Beberapa penyebab kegagalan disbeutykan di bawah ini:

Kebocoran di sisi Panas dan Dingin

Gambar 1

Kebocoran oli di sisi panas dan dingin (Gambar 1) dapat disebabkan oleh breather crankcase yang terhambat atau tersumbat atau saluran oli return turbocharger. Terkadang kebocoran dapat cukup buruk untuk terlihat di sisi luar turbocharger. Kebocoran minor akan terlihat di exhaust sebagai asap hitam yang berlebihan.

Hot Shutdown

Hot shutdown yang dilakukan secara berulang akan menghasilkan kerusakan bearing dan kegagalan turbocharger secara keseluruhan akibat kurangnya pelumasan.

Air Cleaner yang Terhambat

Suhu exhaust yang tinggi dapat merupakan hasil dari hal ini sebagaimana juga turbocharger yang overspeed akibat terciptanya kevakuman sebagian di sisi inlet.

Kebocoran Udara di Intake

Hal ini dapat menyebabkan terhisapnya debu.

Kebocoran Exhaust

Kebocoran exhaust di upstream turbocharger akan menyebabkan berkurangnya tenaga output. Seal ring yang rusak atau aus atau gasket yang gagal berfungsi, bolt yang hilang atau kendor akan menyebabkan hal ini dan dapat dilihat dengan jelas saat pemeriksaan.

Overfuel

Saat terjadi overfuel, turbocharger akan overspeed.

Pengoperasian di Dataran Tinggi

Udara berkurang kerapatannya di dataran tinggi, karenanya turbocharger akan meneyediakan udara lebih sedikit. Pada operasi di dataran tinggi, derating (pengurangan setting fuel) dibutuhkan untuk mencegah turbocharger overspeed.

Jika turbocharger dilengkapi dengan wastegate, sistem ini terkadang dirancang untuk memungkinkan pengoperasian di dataran tinggi tanpa memerlukan derating.

Kegagalan Prelube

Pelumasan awal turbocharger harus dilakukan setelah servis, setelah filteroli diganti dan setelah engine dimatikan dalam waktu yang lama. Kegagalan untuk melakukan ini akan menyebabkan jenis kegagalan akibat kurangnya pelumasan.

Kebocoran Jalur Oli

Jalur suplai dan return turbocharger  harus diselaraskan dan di-torque dengan benar sehingga dapat terpasang tanpa tegangan.

Baut Pengikat Turbocharger

Baut dan clamp pengikat perlu di-torque dengan benar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: