Motor anda berdecit saat direm? Begini cara mengatasinya

Anda tentunya tidak bakal nyaman ketika mendengar suara berdecit pada saat motor direm. Hal ini biasanya terjadi pada saat menerabas hujan atau saat motor baru saja dicuci. Penyebab bunyi berdecit ini adalah adanya kotoran pada kampas rem. Kotoran bisa jadi dari eksternal ataupun sisa hasil gesekan antara kampas dengan tromol rem. Selain mengakibatkan bunyi berdecit, kotoran ini jika dibiarkan dalam jangka waktu lama tentunya tidak bagus untuk tingkat keausan kampas rem serta membuat tromol ataupun cakram tidak rata. Lantas bagaimana cara mengatasinya agar hal ini tidak terjadi?

Satu – satunya cara adalah dengan membersihkan kotoran tersebut. Anda bisa membongkar roda belakang lalu memberihkan tromol dengan menggunakan semprotan angina dari compressor. Untuk keamanan ketika menyemprot alangkah baiknya anda memakai masker karena partikel bekas gesekan antara kampas dan tromol akan berbahaya jika sampai terhirup ke dalam tubuh.

Apabila anda tidak mempunyai compressor di rumah, maka ada cara lain lagi untuk membersihkan yaitu dengan menggunakan kuas ataupun lap kering serta sikat kawat. Selain kotoran tadi terkadang bunyi berdecit juga disebabkan karena kampas sudah aus, untuk itu pada saat pembersihan sekalian dilakukan pemeriksaan kampas apakah masih bagus atau sudah aus. Untuk pembersihan ataupun pemeriksaan kampas bisa dilakukan dua bulan sekali. Apabila kampas sudah mulai tipis, segera ganti dengan yang baru. Hal ini kita lakukan untuk mencegah kerusakan tromol ataupun cakram akibat bergesekan dengan kampas yang sudah aus. Tentunya apabila tromol ataupun cakram rusak anda perlu mengeluarkan biaya yang lebih mahal lagi oleh sebab itu lakukan pemeriksaan tadi secara rutin dan segera ganti kampas anda sebelum habis. Apabila anda tidak bisa melakukannya sendiri, anda bisa meminta bengkel langganan anda untuk melakukan hal tersebut.

Ingat pada kendaraan rem berfungsi sebagai perangkat keselamatan. Kondisi rem yang prima tentunya akan menunjang keselamatan dan kenyamanan berkendara anda. Oleh sebab itu rajinlah membersihkan dan memeriksa rem anda agar bunyi berdecit pada saat di rem bisa diatasi serta rem anda selalu dalam kondisi prima.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: