Memahami apa itu PANAS DAN SUHU

Panas adalah sebuah bentuk energi, dimana panas tersebut dapat dihasilkan dari proses pembakaran bahan bakar di dalam silinder engine.

Istilah panas dan temperatur adalah berbeda. Panas adalah bentuk energi, sedangkan temperatur adalah derajat nilai suatu panas. Panas di umpamakan sebagai nilai temperatur yang berada di atas temperatur atmosfer normal dan dingin adalah ketika nilai temperatur berada di bawah temperatur atmosfir.

Panas adalah daya molekul yang bekerja dalam objek dan temperatur adalah satuan dari daya molekul. Panas akan bergerak dari molekul yang lebih aktif ke molekul yang kurang aktif, atau dari komponen yang lebih panas ke komponen yang lebih dingin.

Pengaruh Panas

Ketika panas diserap dari sebuah bahan/komponen akan menyebabkan hal – hal sebagai berikut:

  1. Perubahan temperatur. Panas yang diserap oleh bahan akan menyebabkan temperatur pada bahan tersebut naik sedangkan bila panas diserap dari suatu bahan akan menyebabkan temperatur pada bahan tersebut turun.
  2. Perubahan warna. Apabila logam atau baja khusus di panaskan dapat menyebabkan terjadinya perubahan warna pada bahan tersebut. Jika sebuah baja dipanaskan maka baja tersebut akan berubah warna sesuai dengan panas yang diterima. Komponen – komponen engine yang pernah mengalami overpanas biasanya dapat diidentifikasi dengan perubahan warna pada komponen tersebut (discoloration).
  3. Perubahan bentuk. Panas dapat menyebabkan sebuah perubahan bentuk dari benda padat menjadi cair dan cair menjadi gas (es dapat berubah menjadi cair atau air menjadi uap). Logam yang dipanaskan pada saat pengelasan akan berubah dari padat menjadi cair.
  4. Perubahan volume. Panas dapat menyebabkan terjadinya pemuaian dan apabila panas diserap dari suatu bahan dapat menyebabkan terjadinya penyusutan pada bahan tersebut. Apabila suatu bahan dipanaskan maka molekul pada bahan tersebut akan mengembang sehingga volumenya akan naik sedangkan bila suatu bahan didinginkan maka molekul pada bahan tersebut akan menyusut sehingga volumenya akan turun.
  5. Semua jenis bahan akan mengembang jika dipanaskan dan akan menyusut jika didinginkan. Gas akan mengembang berlipat – lipat dari volume sebelumnya tetapi pada cairan dan benda padat hanya akan sedikit saja karena molekul benda padat dan cair bukan molekul bebas seperti yang dimiliki oleh gas.

Sifat Fisik Air

Sifat air berbeda dengan cairan lainnya. Air akan menyusut jika didinginkan sampai suhu 4ºC dan dari temperatur tersebut sampai air akan membeku menjadi es, maka air akan mengembang. Ketika air didinginkan di bawah 0°C maka es akan menyusut seperti zat padat lainnya.

Oleh karena itu untuk engine yang dipakai pada kondisi lingkungan yang dingin perlu ditambahkan larutan antifreeze ke system pendinginnya untuk mencegah agar air tidak membeku. Tanpa menggunakan larutan ini dapat menyebabkan kerusakkan engine.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: