PENCIL TYPE FUEL NOZZLE DIRECT INJECTION

Komponen

nozzle direct injection
Fuel nozzle DI Pencil Type

Cara Kerja

Fuel dari fuel injection pump mengalir melalui fuel line dan memasuki valve body sekitar valve. Saat gabungan tekanan fuel dan kompresi di ruang bakar lebih besar daripada gaya pressure spring, valve akan lepas dari dudukannya dan injeksi akan dimulai. Saat tekanan fuel berlanjut untuk meningkat, valve akan bergerak lebih jauh dari dudukannya hingga menyentuh lift adjustment screw. Injeksi akan berlanjut hingga tekanan kompresi dan tekanan fuel tidak cukup untuk melampaui gaya spring. Spring akan menekan valve kembali ke posisi dudukannya.

Pressure screw dan lift adjustment screw secara langsung mempengaruhi fungsi nozzle ini. Posisi pressure screw di dalam body menentukan seberapa banyak tekanan fuel dibutuhkan untuk mengangkat valve dari dudukannya.  Tekanan ini adalah valve opening pressure (VOP). Jika pressure screw disetel lebih dekat ke dudukan spring, VOP meningkat. Jika pressure screw disetel menjauh dari dudukan spring, VOP menurun.

Lift adjustment screw mengatur seberapa jauh valve akan lepas dari dudukannya. Jika lift adjusmnet screw disetel menjauh dari valve, valve dapat bergerak lebih jauh dudukannya. Hal ini memberikan volume fuel yang lebih besar untuk mengalir melalui nozzle selama injeksi. Jika lift adjustment screw disetel mendekat ke valve, akan ada sedikit pergerakan valve. Hal ini memberikan lebih sedikit fuel yang mengalir melalui nozzle selama injeksi.

CATATAN:

Jangan menaikkan valve lift melebihi spesifikasi. Hal ini tidak akan menaikkan tenaga engine secara signifikan. Hal ini bahkan dapat menyebabkan kepatahan spring nozzle dan mempengaruhi operasi engine.

Area yang tertutupi oleh cap juga penting bagi fungsi nozzle. Area nozzle ini adalah trapped volume selama dan setelah injeksi. Saat tekanan fuel di dalam peningkatan nozzle, sejumlah kecil fuel mengalir melalui valve dan memasuki cap. Pergerakan fuel ini melumasi bagian-bagian bergerak di dalam nozzle. Setelah injeksi berakhir, fuel di dalam cap bergerak melewati valve dan kembali ke fuel line. Fungsi cap dan area nozzle ini menghilangkan kebutuhan fuel return line.

Ada banyak pertanyaan seperti mengapa hydraulic lock tidak tercipta di nozzle dalam operasi normal, tetapi bisa terjadi saat diujikan di nozzle tester. Pada operasi normal, nozzle hanya bertekanan 3% dari saat engine beroperasi. Oleh karena itu, terdapat cukup waktu di antara injeksi bagi fuel di cap untuk kembali ke return line. Saat tidak ada fuel di cap, hydraulic lock tidak akan terbentuk. Jika nozzle diujikan pada nozzle tester dengan cap ada di posisinya, hydraulic lock akan terbentuk.

Saat nozzle diujikan di nozzle tester, terdapat tekanan di dalam nozzle 100% waktu. Karena tekanan konstan ini, fuel tidak mempunyai waktu untuk kembali ke fuel line. Gabungan fuel di cap dan daya spring akan menyebabkan terbentuknya hydraulic lock karena daya gabungan ini lebih besar dari tekanan fuel. Karena alasan ini, selalu perlu untuk melepaskan cap sebelum nozzle diujikan di nozzle tester.

            CATATAN:

            Cap dipasangkan untuk Cap Leakage Test.

Dua komponen lain yang penting untuk fungsi nozzle ini adalah compression seal dan carbon dam. Compression seal mencegah kebocoran kompresi keluar dari cylinder. Carbon dam mencegah penumpukan karbon di cylinder head di sekitar nozzle.

FUEL NOZZLE DI (7000 SERIES) (PENCIL TYPE)

Cara Kerja

Fuel dari fuel injection pump mengalir melalui fuel line dan memasuki valve body di sekitar valve. Saat gabungan tekanan fuel dan kompresi di ruang bakar lebih besar daripada daya pressure spring, valve akan lepas dari dudukannya dan injeksi akan dimulai. Saat tekanan fuel terus meningkat, valve akan bergerak lebih jauh dari dudukannya hingga menyentuh stop assembly. Injeksi akan berlanjut hingga tekanan kompresi dan tekanan fuel tidak cukup lagi untuk melebihi gaya spring. Spring akan menekan valve kembali ke posisi dudukannya.

Sleeve dan spacer secara langsung mempengaruhi fungsi nozzle. Posisi spacer, sleeve dan stop assembly di dalam shell menentukan seberapa banyak tekanan fuel dibutuhkan untuk mengangkat valve dari dudukannya. Tekanan ini adalah valve opening pressure (VOP). Tekanan ini sudah diatur dari pabrik dan tidak bisa disetel.

Sleeve dan panjangnya yang tepat mengatur seberapa jauh valve akan bergerak dari dudukannya.

Dua komponen lain yang penting terhadap fungsi nozzle adalah compression seal dan carbon dam. Compression seal mencegah kebocoran kompresi dari cylinder, mengatur kedalaman nozzle projection ke dalam cylinder dan pola semprotan orifice di dalam cylinder untuk pembakaran. Carbon dam mencegah penimbunan karbon di dalam cylinder head di sekitar nozzle.

Identifikasi Fuel Nozzle DI (7000 Series)

Kode Pabrik dan Part Number

Fuel nozzle direct injection (7000 series) yang baru memiliki merek dagang daftar Caterpillar, part number, dan kode pabrik yang terletak di sisi shell. Identifikasi dicetak atau digores.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: