Penyebab Bunyi berisik pada rantai motor

Ilustrasi pelumasan motor sumber: gridoto.com

Pada motor yang bertransmisi manual yang memang mayoritas menggunakan rantai untuk meneruskan tenaga dari transmisi menuju gear belakang, terkadang kita dengarkan bunyi berisik dari rantai tersebut. Penyebab bunyi berisik dari rantai motor antara lain:

  1. Kekencangan rantai yang tidak sesuai

Rantai yang kendor akan menyebabkan bunyi berisik, hal ini dikarenakan rantai tergesek lengan ayun. Rantai yang kendor juga akan rawan lepas serta pada beberapa kejadian bisa putus yang tentunya akan menjadi sebuah masalah bila putusnya rantai tersebut di tengah jalan. Untuk mencegah hal tersebut terjadi maka kita harus menyetel kekencangan rantai motor yang sesuai, jangan terlalu kendor dan juga jangan terlalu kencang karena jika terlalu kencang akan membuat ketegangan rantai menjadi besar sehingga rawan putus serta membuat laju keausan rantai dan gear menjadi lebih cepat yang tenunya akan membuat umur rantai dan gear semakin pendek.

  • Rantai dan gearset sudah aus.

Secara pemakaian normal, rantai dan gearset pasti akan aus. Keausan pada rantai dan gearset ini menyebabkan seolah-olah rantai bertambah panjang sehingga rantai akan kelihatan kendor dan ini akan menjadikan rantai tersebut berisik. Untuk mencegah hal ini terjadi, lumasilah rantai secara teratur. Dengan melumasi rantai secara teratur maka akan membuat gearset dan rantai tidak bergesekan secara langsung karena masih ada media oli yang berada diantara rantai dan gearset. Selain itu, rantai dan gear set akan cepat aus apabila motor kira beroperasi di daerah yang berpasir karena sifat dari pasir sendiri yang abrasive.

  • Rantai yang sudah mulai kaku dan berkarat.

Rantai yang kaku dan berkarat ini disebabkan karena perawatan rantai yang kurang bagus. Ciri – ciri rantai yang sudah kaku adalah sulit untuk meluruskan kembali rantai tersebut menggunakan tangan. Biasanya hal ini dikarenakan sudah banyaknya kerak karat yang ada pada rantai serta kotoran yang sudah menempel pada rantai yang susah dibersihkan. Untuk mencegah rantai berkarat, kita perlu memberikan pelumasan pada rantai secara teratur terlebih pada musim hujan atau di daerah yang dekat dengan pantai. Endapan air hujan banyak mengandung asam yang sangat korosif sedangkan angin dari laut membawa banyak uap garam yang sifatnya juga korosif pada rantai. Yang perlu diperhatikan lagi dari pelumasan rantai adalah gunakan selalu oli yang memang khusus untuk rantai, jangan menggunakan oli bekas. Penggunakaan oli bekas untuk melumasi rantai hanya akan membuat kotoran mudah menempel pada rantai yang justru akan membuat rantai menjadi cepat kaku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: