Mengenal berbagai macam PERPINDAHAN PANAS serta contohnya

Panas dapat berpindah dengan tiga cara yaitu:

  • konduksi
  • konveksi
  • radiasi

Semua cara tersebut digunakan pada proses perpindahan panas di engine. Ingat bahwa panas akan berpindah dari tempat yang temperaturnya lebih tinggi ke tempat yang temperaturnya lebih rendah.

Perpindahan panas secara Konduksi

Konduksi

Di dalam engine, panas akan dikonduksikan dari ruang bakar ke system pendingin melalui komponen – komponen logam pada engine.

Pada engine yang menggunakan system pendingin dengan media udara, panas akan di konduksikan ke sirip (fin) pendingin pada bagian luar silinder dan kemudian panas akan dibuang ke udara sekitar.

Sifat dari bahan ada mempunyai sifat sebagai penghantar panas yang baik dan ada juga jelek. Logam merupakan penghantar yang baik tetapi bahan asbestos, kayu, kertas dan material bukan logam adalah penghantar panas yang jelek dan dapat digolongkan sebagai penghambat panas.

Perpindahan panas secara Konveksi

KOnveksi

Pada ujung sebuah bejana diberi panas sehingga menghasilkan aliran konveksi di dalam air dan sebuah larutan berwarna yang ada di dalam sebuah bejana yang transparan membuat efek ini mudah untuk dilihat.

Konveksi adalah suatu cara perpindahan panas dengan pergerakan yang sebenarnya dari molekul-molekul zat. Hal ini berlaku untuk gas dan cairan tetapi tidak untuk zat padat.

Ketika sebagian dari cairan atau gas di dalam bejana dipanaskan maka bahan tersebut akan memuai sehingga volumenya meningkat, tetapi densitynya akan turun.

Hal ini membuat partikel-partikel dari bahan yang dipanaskan akan menjadi ringan sehingga mengapung ke atas dan memenuhi bagian yang lebih dingin sedangkan partikel – partikel yang lebih berat akan tenggelam di bagian bawah bejana. Hal ini merupakan prinsip dari aliran konveksi. Prinsip ini digambarkan pada gambar di atas.

Perpindahan panas secara Radiasi

Pada proses perpindahan panas dengan cara radiasi, panas akan dipindahkan ke udara sekitar. Energi panas dapat kita rasakan dari nyala api yang memancarkan panas. Energi yang diubah menjadi panas pada sebuah benda dingin yang disinari akan menyebabkan temperatur pada benda tersebut naik secara bertahap.

Suatu bahan yang memiliki warna gelap akan menghantarkan panas lebih baik daripada bahan yang memiliki warna terang. Oleh karena itu sirip (fins) pendingin pada cylinder dan radiator biasanya dicat dengan lapisan warna hitam sehingga panas dari sistem pendingin dapat dengan mudah dipancarkan ke udara sekitar. Material dengan warna yang gelap juga baik untuk menyerap panas secara radiasi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: