Prosedur Mengganti Oli Kompressor

Compressor Sanden (Plug oil fill available)

Pengisian oli kompresor harus diisi melalui plug oli sesuai dengan spesifikasi. Jika kekurangan sejumlah oil dirasakan masih dibutuhkan ke dalam system berdasar kan luas nya kapasitas refrigerant, hal ini bisa dilakukan dengan penyuntikan/injek kedalam HIGH side ketika melakukan charging system dengan refrigerant. Dilarang mengisi oli melalui Low side hose dekat dengan compressor, karena hal ini dapat menyebabkan menjadi hydraulic lock pada oil dan dapat mengalami kerusakan.

Gunakan inject oil (seperti gambar di bawah). Masukkan oli yang diperlukan ke dalam botol, kemudian hubungkan ke tabung refrigerant. Inject-kan oli bersamaan saat pengisian refrigerant.

Prosedur Pemeriksaan Level oil pada Kompresor Sanden SD7H15

Pengukuran level oil (Dalam Kendaraan)

Level oli dalam kompresor harus diperiksa ketika sebuah komponen sistem telah diganti, ketika oli diduga bocor, atau sesuai yang disebutkan dalam prosedur diagnostic.

  • Jalankan kompresor selama 10 menit dengan engine pada posisi idle.
  • Ambil semua refrigerant dari sistem perlahan sehingga tidak ada oil yang hilang.
  • Tentukan sudut mounting dari kompresor dari posisi horizontal (yaitu oil plug atau adaptor berada di atas). Ini sangat siap dilakukan dengan menggunakan level universal machinist jika akses untuk ijin kompresor)
  • Lepas oil filler plug. Gunakan socket wrench pada armature retaining nut, putar shaft searah jarum jam sampai counterweight pada posisi yang ditampilkan.
  • Masukkan oil dipstick sampai ke posisi stop seperti pada gambar diatas dengan sudut mengarah ke arah yang benar.
  • Lepas dipstick dan hitung jumlah notch yang tertutup oli.
  • Tambahkan atau kurangi oli untuk memenuhi spesifikasi yang ditampilkan dalam table.
  • Install kembali oil plug. Seat dan O-ring harus bersih dan tidak kotor. Putar (torsikan) sampai 11-15 ft lb (15-20N m, 150-200 kgf cm).

Inspeksi Kehalusan Putaran Shaft

  1. Jika pada kendaraan, keluarkan refrigerant dari sistem AC dan lepas hubungan hose
  2. Jika pada meja kerja, buka cap fitting
  3. Gunakan socket wrench pada armature retaining nut, putar shaft hanya searah jarum jam.
  4. Jika terasa ada yang kasar saat memutar shat, kompresor telah rusak secara internal dan harus diganti.

Compressor Denso ( Plug oil fill tidak tersedia)

Ada dua cara yang berbeda untuk mengisi oli pada kompresor ini:

  1. Tuang langsung oil baru ke low suction hose sesuai spesifikasi sebelum vacuum dan recharge. Hati-hati oil tidak keluar lagi oleh vacuum pump ketika proses vacuum berlangsung pada sistem.
  2. Tuang jumlah oil yang benar ke alat injeksi oil dan pasang kembali end cap. Hubungkan hose end fitting ke siliner Freon dan letakkan silinder terbalik untuk pengisian liquid jika tidak ada actual liquid tap-nya. Setelah silinder diletakkan pada scale, maka harus benar-benar kosong (nol) untuk pengisian (charging). (Sistem harus diisi dengan liquid untuk mulai membawa oil kedalam sistem).

Catatan: Sebelum menghubungkan alat injeksi oil, timbang silinder dan tulis berat awalnya untuk mengantisipasi jika scale battery mengempis.  

Jumlah Oil pada Komponen Sistem AC

Semua komponen dalam sistem AC menyimpan sejumlah oli sehingga jika komponen diganti dan jumlah oil-nya tidak diketahui, dengan suatu perhitungan dapat diperkirakan berapa banyak oli diperlukan untuk digantikan didalam sistem.

Catatan: Jumlah ini hanya sebagai petunjuk! Tidak bisa tepat karena bisa berbeda tergantung ukuran actual dari komponen sistem-nya, berapa lama sistem AC tersebut running sebelumnya dan pada RPM berapa dan sebagainya.

Tentu saja komponen – komponen dalam sistem yang memiliki charge/isi refrigerant 3kg akan memerlukan lebih banyak oil dari komponen – komponen sistem yang hanya berisi 1kg refrigerant.

Caterpillar menyarankan jumlah – jumlah berikut sebagai PETUNJUK dalam menghitung jumlah oli.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: