SENSOR TEMPERATUR PADA ENGINE CUMMINS

Pada umumnya sensor temperature yang digunakan engine cummins adalah sensor jenis pasif,sensor variable resistan.Di dalam sensor tersebut terdapat thermistor yaitu jenis resistor yang memiliki karakteristik khusus,nilai tahanan akan berkurang jika temperature bertambah tinggi.

Nilai resistan pada intake manifold,coolant,engine oil dan fuel temperature sensor.

Contoh pengukuran  pada intake manifold temperature sensor dengan suhu 27°C

Jenis kedua dari temperature sensor yang digunakan cummins adalah thermocouple,sensor ini biasanya digunakan untuk exhaust gas temperature sensor.

Sensor ini terdiri dari 2 jenis logam berbeda yang digabung bersama,ketika dipanaskan maka salah satu logam akan menghantarkan electron ke logam satunya denga nilai voltage yang berbeda,dan kemudian diamati dan diubah menjadi nilai temperature oleh ECM.

(Jenis sensor ini sudah jarang digunakan)

Fungsi dari beberapa temperature sensor yang ada pada engine cummins;

  • Intake  manifold  temperature  sensor

Mengamati temperatur udara  intake  manifold   dan memberikan  informasi ke ECM melalui engine harness. Jika temperatur intake  manifold menjadi sangat tinggi,maka hal itu akan menyebabkan kondisi derate.

  • Engine  fuel   temperature  sensor

Sensor ini digunakan oleh ECM untuk mengamati temperatur engine fuel.Fuel temperature  diperlukan ECM untuk engine protection system, timing, and  fueling control.ECM mengamati voltage pada pin signal dari fuel   temperature sensor. ECM memperkirakan voltage bervariasi antara 0.5 sampai 4.95 VDC. Jika voltage melebihi 4.95 VDC maka ECM akan menyimpan Fault Code 263.

  • Engine  coolant   temperature  sensor

Sensor ini digunakan oleh ECM untuk mengamati temperatur engine  coolant.ECM mengamati voltage pada signal pin dan mengubahnya menjadi nilai temperatur .Nilai temperatur engine  coolant digunakan oleh ECM untuk engine protection system dan untuk mengatur engine emissions.

  • Engine oil temperature sensor

Sensor ini digunakan oleh ECM untuk mengamati temperatur engine oil.ECM mengamati voltage pada pin signal dari engine oil temperature sensor dan mengubahnya menjadi sebuah nilai temperatur.Nilai temperatur pada engine oil digunakan ECM untuk engine protection system dan mengatur engine emissions.

Posisi beberapa sensor temperature pada QSK 50

Scematic temperature sensor QSK 50/60 CM850

Scematic temperature sensor QSK 50/60 CM2150

Posisi beberapa Temperature sensor pada QSK 45/60

Posisi beberapa Temperature sensor pada QSK 19

QSK 45/60 dan QSK 19 menggunakan jenis control module yang sama.

Scematic temperature sensor QSK 45/60 dan QSK 19.

Posisi exhaust temperature sensor.

Pada engine QSK 50 terdapat 16 buah exhaust temperature sensor. Sensor exhaust gas temperature  mengamati temperatur dari gas exhaust pada tiap cylinder dan menginformasikan ke ECM melalui engine harness. Nilai resistannya 84,6 – 456,7Ω.Sedangkan untuk sensor yang baru yaitu 3,98MΩ.

Scematic

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: