SERVIS SILINDER BLOCK

Servis silinder block umumnya meliputi keausan silinder, pemeriksaan kerusakan pada dinding silinder, pemasangan core plug, honing atau deglazing cylinders, dan pembersihan setelah honing. Semua operasi atau kegiatan ini sangat penting dan penting untuk operasi engine yang memuaskan.

Beberapa perbaikan silinder block, pemboran silinder, atau perbaikan bagian yang retak memerlukan alat khusus yang ada di bengkel. Hal ini akan lebih lanjut dijelaskan dengan rinci.

Servis dinding silinder

Dengan menggunakan lampu pemeriksa, periksa langsung permukaan tiap dinding silinder. Carilah goresan-goresan atau keretakan vertical. Gosokkan kuku jari anda dibagian dalam silinder, Ini akan membantu anda merasakan dan menemukan masalah yang ada.

Jika anda harus membersihkan bubungan ring yang besar, silinder rusak atau aus berat, mungkin diperlukan pemboran silinder dan pembesaran piston.

Pemboran siilnder dilakukan dengan membentuk diameter silinder yang lebih besar untuk membuat dinding silinder benar-benar halus dan lurus. Hal ini diperlukan untuk menghilangkan goresan, garutan atau aus yang berlebihan.

Silinder block dikirim ke bengke rekonditioner engine untuk dibor, Bengkel memiliki bar bor yang lebih besar (machine tool) yang dapat memotong lapisan tipis metal dari silinder. Biasanya silinder block dibor dengan tambahan 0.25 mm.

Batas oversize (pembesaran) (0.75 sampai 1.00 mm) merupakan diameter yang paling besar yang mungkin diborkan ke silinder. Ini adalah spesifikasi yang diberikan oleh pabrik kendaraan dan bisa bervariasi sesuai desain block. Jika batas oversize berlebihan, dinding silinder bisa jadi terlalu tipis. Dinding silinder dapat berubah bentuk atau retak saat bereaksi pada panas dan tekanan pembakaran.

Oversize pada piston dan ring diperlukan untuk mempaskan silinder block yang silindernya telah dibor. Piston yang dibeli harus sesuai dengan oversize silinder.

Bor dan oversize piston akan membuat engine seperti baru. Piston yang baru dan ring akan bekerja pada permukaan silinder yang baru saja dihaluskan/dimesin, memberikan penyegelan ring dan umur servis yang sangat baik.

Silinder sleeving meliput pembuatan satu atau lebih oversize silinder dan penekanan dalam silinder liner. Sleeving diperlukan misalnya setelah part yang rusak sangat merusak (tercungkil, tertoreh, sumpil, atau retak) dinding silinder. Kerusakan juga terlalu dalam untuk dibersihkan dengan pemboran.

Sleeving juga memungkinkan silinder yang rusak dibentuk kembali pada diameter orisinilnya. Ukuran piston yang sama dapat digunakan kembali. Jika hanya piston yang rusak misalnya, semua piston dan silinder lain mungkin baik dan dapat digunakan. Ini akan menghemat biaya untuk perbaikan.

Mengukur dinding silinder

Jika siilnder tergores namun tidak terlalu buruk, anda haru mengukur keausan silinder untuk memastikan bahwa piston ring yang baru atau menyegel dengan benar. Nyata sekali bahwa ring piston bulat yang baru tidak dapat menyegel keausan yang bentuknya tidak bulat atau silinder yang runcing (silinder taper). Juga ukuran silinder akan memungkinkan anda menentukan celah piston-ke-silinder.

Cylinder taper adalah perbedaan diameter pada bagian atas dan bawah silinder. Ini disebabkan oleh kurangnya lubrikasi olu dan piston yang lebih tinggi pada dinding silinder thrust di bagian atas silinder. Makin banyak oli yang memericik pada bagian bahwa silinder, akibatnya bagian atas silinder aus lebih cepat (lebih besar) daripada bagian bawah yang menghasiklan runcingan atau taper.

Cylinder out of-roundness adalah perbedaan dalam diameter silinder saat diukur dari depan ke belakang dan sampaing ke samping dalam block. Gerakan piston thrust biasanya membuat silinder aus lebih ke sudut kanan pada garis tengah crankshaft atau piston pin.

Cylinder taper tidak boleh lebih dari kira-kira 0.10 mm. Beberapa pabrik kendaraan bahkan tidak membolehkan meskipun dalam keadaan aus seperti ini. Lihat buku manual untuk spesifikasi yang tepat apakah aus dibawah batas. Ganti silinder block dengan yang baru atau bor block dan pasang piston yang telah di-oversize.

Dial bore gauge adalah sebuah alat yang cepat dan akurat untuk mengukur cylinder taper. Seperti dalam gambar 10-2, slide atau luncurkan bore gauge keatas dan kebawah dalam silinder. Periksa garis lintang dan tegak lurus pada garis pusat crankshaft seperti dalam gambar 10-3. Inside micrometer dapat pula digunakan untuk mengukur keausan silinder dan ini lebih menghematkan waktu.

Cylinder honing

Cylinder honing, juga disebut deglazing, digunakan untuk memecahkan lapisan / glaze (permukaan yang dipolish/berpelitur) pada silnder bekas. Ia harus pula digunakan untuk menghaluskan silinder yang sangat kasar setelah pemboran. Kebanyakan pabrik ring menganjurkan deglazing dan beberapa diantaranya tidak. Lihat petunjuk dengan ring piston baru untuk rinciannya.

Cylinder hone menghasilkan tekstur yang tepat, pola crosshatched (berbayang) pada silinder untuk membantu seat atau penempatan ring dan penyegelan. Garis tipis dari hone menyebabkan awal ring dan dinding silinder retak. Ini membuat ring fit dalam silinder sempurna setelah beberapa menit engine beroperasi.

Ada beberapa tipe hone silinder engine:

  1. BRUSH HONE memiliki bola kecil yang terbuat dari material abrasive di ujung bristle brus metal yang bulat. Gambar 10-4. Diperlukan saat silinder dalam kondisi baik dan memerlukan sedikit sekali honing.
  2. FLEX HONE memiliki batu keras, datar dan abrasive pada spring-loaded, dan armnya dapat digerakkan. Digunakan saat silinder agak aus dan jumlah honing yang diperlukan sedang.
  3. RIDGED atau SIZING HONE memiliki batu yang stasioner namun dapat disetel yang mengunci ke posisi preset. Ia akan menghilangkan sejumlah kecil cylinder taper atau out-of-roundness. Ridged hone dapat digunakan seperti boring bar untuk membetulkan silinder saat aus dalam spesifikasi. JANGAN hone atau asah lebih dari yang dianjurkan pabrik.

Untuk mengasah silinder, ikuti petunjuk pabrik, pasang hone atau pengasah pada bor listrik yang besar dan kecepatannya rendah. Kompres atau tekan batu (tekan kedalam) dan luncurkan kedalam silinder. Hati-hati agar tidak menggores silinder, hidupkan bor listrik dan gerakkan putaran hone keatas dan kebawah dalam silinder.

PERINGATAN! Pastikan bahwa anda TIDAK menarik hone keluar dari silinder saat melakukan pengasahan, hone bisa rusak dan pecahan batunya bisa terbang.

Gerakkan hone keatas dan kebawah dalam siilnder dengan cukup cepat untuk menghasilkan pola CROSS­HATCH 50 sampai 60 derajat. Ini terlukis dalam gambar 10-5. Gerakan hone keatas dan kebawah dengan leih cepat atau lebih pelan akan mengubah sudut polanya.

Membersihkan dinding silinder

Setelah pengasahan, penting untuk membersihkan dan menghilangkan semua kotoran (yaitu partikel-partikel batu dan metal) dari bagian dalam engine. Kotoran ini, jika tidak dibersihkan, akan bekerja seperti susunan gerinda pada bearing, ring dan part vital lainnya pada engine.

Pertama-tama, bersihkan siilnder dengan AIR panas dan SABUN (detergent). Sikat lembut, BUKAN sikat kawat, akan dengan cepat melepaskan dan membersihkan partikel dibagian dalam hone marks. Blow atau keringkan silinder engine dengan compress air.

Selanjutnya, letakkan motor oil pada kain bersih. Bersihkan silinder secara menyeluruh dengan KAIN YANG TELAH TERENDAM OLI. Oli yang berat akan mengangkat kotoran batu yang tersisi dan menempel dalam cylinder honing marks. Bersihkan terus silinder sampai kebawah sampai kain yang dimasukkan lalu dikeluarkan dari dalam silinder benar-benar bersih.

Setelah dibersihkan, periksa kembali goresan pada silinder. Jika honing TIDAK membersihkan semua goresan vertical dalam silinder, mungkin perlu dilakukan pemboran atau sleeving silinder. Ring yang baru TIDAK akan menyegel dengan dalam pada vertical mark dalam silinder. Konsumsi oli engine dan kebocoran kompresi dapat terjadi.

Memeriksa lubang main bearing

Setelah pemanasan dan pendinginan atau overheating yang berulang-ulang, lubang main bearing dalam silinder block bisa melengkung atau bengkok. Ini akan mempengaruhi pelurusan insert main bearing dan crankshaft fit dalam block. Dalam kondisi hebat kesalahan pelurusan main bearing, crankshaft bisa terkunci saat main bearing cap retaining bolt (baut penahan cap main bearing) diputar.

Untuk mengukur pelurusan lubang main bearing, letakkan straightedge  / pelurus disepanjang lubang / bore. Lihat gambar 10-6. Insert atau masukkan feeler gauge setebal mungkin dibawah straightedge. Bilah yang paling tebal yang akan fit / terpasang pas menunjukkan kesalahan pelurusan main bearing, Periksa SELALU kesalahan pelurusan lubang bearing setelah kerusakan main bearing.

Cylinder block line boring digunakan untuk meluruskan atau membetulkan ketidaklurusan lubang main bearing. Alat bengkel memiliki sebuah boring bar untuk membentuk lubang kembali lurus. Line boring saat ini lebih umum dengan dinding yang tipis dan silinder block yang ringan.

Mengukur lapisan permukaan atas silinder block

Cylinder block top face warpage (lapisan atas permukaan silinder block) diukur dengan sebuah straightedge dan feeler gauge pada silinder head gasket sealing surface (permukaan seal gasket silinder head) pada block. Harus diperiksa saat head gasket yang lama telah tipis dan bocor. Juga harus diukur pada alumunium block model terbaru karena mereka mudah menyimpang/berubah bentuk.

Untuk memeriksa silinder block top face warpage, letakkan sebuah straightedge / batang pada permukaan atas silinder block yang bersih. Coba untuk masukkan bilah feeler gauge dengan ketebalan berbeda diantara permukaan atas silinder block dan straightedge. Bilah yang paling tebal yang fit menunjukkan warpage. Periksa pada lokasi yang berbeda pada permukaan atas silinder block. Lihat gambar 10-7. Jika melebihi spesifikasi sekitar 0.05 sampai 0.10 mm, gantilah silinder block atau kirim ke bengkel untuk surface milling / digerinda permukaannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

%d bloggers like this: